makalah tentang email

 

BAB I

PENDAHULUAN

Sejarah E-mail

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan computer yang terbentuk sebagai jaringan.

Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSg yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah computer, sehingga orang lain yang memakai computer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, ia melanjutkan eksperimenya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke computer lain yang berada di dalam jaringan ARPnet. Itulah awal terciptanya sebuah e-mail. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYYUIOP”

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at”atau”pada”.

Contoh alamat e-mail :

Sahrudin : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver yahoo.com : nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rincianya : yahoo : subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu computer dalam lingkungan pemilik domain com : menunjukan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial (commercial0.

Sebuah alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambing @ (yahoo.com0 disebut domain name/hostname yang menunjukan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.

Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai Negara menurun penghasilanya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi


 

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A.    Pengertian E-mail

E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.

  1. B.     Manfaat Email
    1. E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
    2. Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
    3. Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
    4. Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
    5. Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.
    6. C.    Langkah-langkah membuat account E-mail

Berikut ini langkah-langkah membuat e-mail :

  1. Masukkan alamat webnya melalui mozilla atau internet explorer, pada panduan ini menggunakan mozilla
  2. Maka akan muncul jendela website yahoo.co.id sebagai berikut lalu klik daftar :

 

  1. Lengkapi Biodata Pribadi Anda pada Kotak Isian yang Telah Disediakan, seperti gambar berikut :
  2. Tentukan Kata Sandi (kata sandi berfungsi untuk membuka email anda nantinya) dan ID email (nama email anda, misal nama email yang anda pilih adalah anthrayuga, maka alamat emailnya menjadi anthrayuga@yahoo.co.id dibaca : anthrayuga[et]yahoo[dot]co[dot]id), seperti pada gambar berikut :

    dalam membuat email, anda harus mengingat nama email anda serta kata sandi anda, karena kedua hal tersebut akan selalu anda gunakan pada saat anda akan membuka email anda nantinya !!!

  3. Membuat kata Pertanyaan serta Jawaban Pertanyaannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menanggulangi jika suatu saat nanti anda lupa kata sandi yang telah anda buat.

    Anda harus membuat atau memilih pertanyaan, dimana jawabannya yang akan selalu anda ingat !!

  4. Langkah membuat email selanjutnya adalah Tulis Ulang Kode Validasi pada Kotak isian yang Telah disediakan, Lalu Klik Buat Account Saya. Seperti terlihat pada Gambar Berikut :
  5. Jika Proses Pendaftaran Sukses, Maka akan Muncul Tampilan sebagai berikut :
  6. Selamat…. Anda sudah memiliki alamat email… EEiiiit tunggu dulu ada sebuah pesan konfirmasi dari yahoo di kotak email anda, silahkan anda klik Lanjutkan seperti terlihat pada gambar berikut :
  7. D.    Membuka E-mail

Jika anda sudah memiliki alamat E-mail disaran satu situs webmail, untuk membaca dan mengirim E-mail anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Dengan menggunakan browser di internet, masuki situs situs webmail anda, masukan nama user (user ID) besrta password anda dengan benar, kemudia tekan enter atau klik tombol sign up.

 

  1. E.     Melampirkan File pada Email
    1. Bukalah email anda
    2. Klik New di bagian atas jendela sebelah kiri, untuk menulis atau mengirim email.
    3. Setelah di klik New, kita akan dihadapkan pada kotak isian surat Yahoo.
      Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.
    4. Setelah yakin, semua isian surat kita isi, cari di bagian atas, tombol Attach.
      Tombol ini akan menghubungkan email kita dengan lokasi dimana kita menyimpan file atau foto yang akan kita kirimkan lewat email.
    5. Selanjutnya Yahoo akan mulai melampirkan file atau gambar yang kita sisipkan lewat tombol attach tadi. Ini sama dengan proses Upload atau mengirimkan data ke internet.
      tombol Cancel berfungsi untuk membatalkan file yang akan dilampirkan.
      tunggu sampai proses scanning selesai….
    6. Jika proses scanning selesai tampilannya maka seperti Seperti ini……Jika proses scanning sudah selesai, akan muncul tombol remove di sebelah kanan file atau gambar yang akan kita kirimkan, yang berfungsi untuk menghapus lampiran file tersebut, jika memang tidak jadi dilampirkan dan akan diganti dengan flampiran lainnya.
      Untuk melampirkan file atau gambar lainnya, kita tinggal meng-klik lagi tombol Attach untuk meng-upload file ke email.
    7. Jika semuanya sudah yakin terisi dan file yang akan kita lampirkan sudah muncul di bagian lampiran (diantara subject surat dan isi surat)
      Maka langsung kita tekan Send (=kirim)
    8. F.     Membaca Pesan Email Yahoo

 Akan muncul gambar seperti ini:

 

 

  • Pada kotak ID yahoo : tulis alamat email
  • Pada kotak Sandi : isi dengan password/ kata sandi

 

  • Klik “Mail”

  • Akan muncul gambar seperti ini :

  • Bila ingin membaca pesan inbox/ pesan masuk, klik “Judul Pesan”

  • Bila tidak ingin membaca Pesan Masuk Centang/ klik kotak kosong sebelah kiri dibawah tulisan DELETE (Jangan klik tulisan DELETE), lihat gambar
  • Lalu klik Action/ Tindakan
  • Pilih “Mark as Read/ Tandai sudah dibaca”
  • Maka Angka pada “Inbox/ Pesan Masuk” akan hilang

 

  1. G.    Membalas Email
    1. Klik pesan untuk membukanya.
    2. Klik tombol “Balas” yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke setiap orang yang menerima email (jika Anda adalah anggota kelompok yang menerima email tersebut), klik panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih “Balas Ke Semua.” Dengan cara ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua penerima pesan asli dan juga ke pengirimnya.
    3. Jendela Tulis akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat mengetikkan alamat email tambahan.

 

Tergantung pada pengaturan “Tindakan Pesan” (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat semua, sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda balas) di jendela Tulis.

Untuk menyesuaikan pengaturan ini:

  1. Klik “Opsi” di sudut kanan atas halaman Yahoo! Mail Anda
  2. Di bawah “Manajemen” klik “Preferensi Umum.”
  3. Anda dapat memilih, apakah Anda akan menyertakan semua, sebagian atau tanpa pesan asli dalam pesan balasan Anda. Jika Anda membuat perubahan,klik tombol “Simpan” di sudut kiri atas atau bawah.

Jika Anda memilih untuk menyertakan pesannya, Anda akan melihatnya di jendela Tulis dengan simbol “>” yang diulang di bawah margin kirinya.

  1. Ketik balasan Anda. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam balasan Anda, Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan di dalam pesan si pengirim itu sendiri — untuk merespons secara ringkas pada bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di bawah ini. Klik kursor di mana saja untuk mulai mengetik.
  2. Klik “Kirim” untuk mengirim balasan Anda.

 

  1. H.    Menghapus Email
    1. Buka email anda
    2. Buat folder baru dengan klik “Add new” pada bagian folder mail di bagian kiri halaman emai anda, kemudian masukkan nama folder
    3. Buat filter (penyaring) email masuk dengan menekan link Option > Create filter
    4. Tentukan nama filter, kemudian Pada form isian berjudul “From” isikan dengan alamat email yang disaring, misal “facebook”
    5. Untuk tutorial lengkap pembuatan filter mail pada yahoo klik di sini

Sampai pada tahap ini, Anda telah siapkan untuk hapus email dari sumber tertentu dengan cepat, berikut langkanya:

  1. Klik folder tempat email yang telah difilter, misal sebelumnya anda membuat folder “facebook” untuk menyaring email dari facebook, maka klik icon folder facebook pada blog folder di bagian kiri halaman email anda.
  2. Centang dengan klik kotak select di bagian judul, langkah ini akan menyeleksi semua email yg masuk pada folder tersebut
  3. klik tombol/link delete, kemudian tekan “yes” … ketika halaman kondirmasi muncul.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A.KESIMPULAN

E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.

E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.

B. SARAN

Sebagai anggota masyarakat dan pengguna situs-situs email pada yahoo atau lainya., sehingga kita tidak lebih sibuk mengurusi dan menghabiskan waktu yang seharusnya kita gunakan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara langsung dengan orang yang ada disekitar kita, bukan dengan orang yang baru saja akan kita temui di dunia maya.

Karena dengan penggunaan email dan situs jaringan pertemanan lainya dengan baik, benar dan bertanggung jawab, kita dapat menggunakan fasilitas-fasilitas umum itu dengan nyamann, tidak mengganggu kepentingan orang lain dan aman.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Sudiman.2007.teknologi informasi dan komunikasi.Jakarta:Depdiknas.

Syamsuardi.2004.teknologi informasi dan komunikasi.yudistira.

http://www.anneahira.com/sejarah-email.htm

 

 

 

Perihal mtcdempet
wong dempet kecamatan dempet kabupaten demak jawatengah indonesia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.