MAKALAH LEGENDA RORO JONGGRANG

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang

Bandung Bandawasa adalah seorang yang sakti. Pada suatu hari dia ingin meminang roro jonggrang. Namun, roro jonggrang tidak mau dan member syarat Bandung Bandowoso. Pada saat Bandung Bandawasa mengerjakan syarat kedua roro jonggrang nenggagalkan. Karena Bandung Bandawasa tahu kalau itu semua kecurangan roro jonggrang dan kemudian roro jonggrang dikutuk mnjadi candi. Dan akhirnya kini dengan candi sewu.

 

  1. B.     Permasalahan
    1. Mengapa kerajaan pengging dan kerajaan baka berperang ?
    2. Mengapa roro jonggrang menolak lamaran dari bandung bondowoso.

 

  1. C.    Tujuan

Tujuan diadakan pepereangan diantara 2 kerajaan adalah untuk saling menguasai dan memperluas wilayah kerajaan.

 

 

BAB III

PENUTUP

  1. A.    Kesimpulan

Di Jawa tengah terdapat dua kerajaan yang bertentangan kerajaan pengging dan kerajaan baka. Kerajaan pengging dipimpin oleh prabu dammar maya dia memiliki putra bernama Bandung Bandawasa. Sedangkan kerajaan Baka dipimpin oleh raja denawa (raksasa).

Prabu baka menyerbu kerajaan pengging. Namun pertempuran berkat kesaktian bandung bandawasa erhasil mengalahkan prabu baka.

Mendengar kabar duka kematian prabu baka mendengar kabar duka itu sang putri roro jonggrang sedih. Pertama kali putrid roro jonggrang seketika Bandung Bandawasa terpikat terpesona kecantikan sang putri. Saat itu juga Bandung Bandawasa melamar roro jonggrang untuk menjadi istrinya. Roro jonggrang bersedia dinikahi, tetapi ia mengajukan 2 syarat yang mustahil dikabulkan. Pertama sumur jalatunda . kedua membangun 1000 candi.ketika sudah mendapat 999 candi roro jonggrang menggagalkanya dengan tipu muslihat roro jonggrang. Bandung bandawasa tahu kalau semua ini tipu muslihat roro jonggrang bandung bandawasa murka dan mengutuk roro jonggrang menjadi candi. Sedangkan candi yang tidak rampung itu dikenal sebagai candi 1000.

 

  1. B.     Saran

Sebaiknya kita jangan saling membunuh Cuma karena kekuasan, kita juga jangan menggunakan ilmu kita untuk berbuat kecurangan.

 

Perihal mtcdempet
wong dempet kecamatan dempet kabupaten demak jawatengah indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s