makalah tentang facebook

BAB I

PENDAHULUAN

Facebook atau buku muka adalah salah satu jaringan social dengan beberapa fasilitas yang memungkinkan seseorang dapat menjalin pertemanan dan berkomunikasi secara aktif dengan orang atau badan organisasi, tanpa dibatasi dengan jarak, ruang dan waktu.

Latar Belakang

Penggunaan internet bukanlah suatu hal yang istimewa atau khusus untuk kalangan tertentu, baik dari segi profesi, kalangan masyarakat, pendidikan dan usia. Hampir semua golongan masyarakat sudah tahu dan akrab dengan internet. Seiring dengan perkembangan waktu dan modernisasi, internet menjadi sebuah kebutuhan dan aktivitas tetap manusia sebagai anggota masyarakat. Selain menjadi tuntutan profesi, pengembangan ilmu pengetahuan, berita dan hiburan, berinternet juga menjadi cara alternative seseorang untuk bergaul sebagai makhluk social. Hanya dengan bermodal sebuah computer dengan sambungan kabel LAN atau bandwidth, seseorang dapat mengakses internet dengan mudah dan bebas selama 24 jam setiap harinya (nonstop) di sebagian besar penjuru dunia ini. Kehadiran internet memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan data yang belum tentu bias ditemukan secara langsung dalam media cetak yang bias dijumpai sehari-hari. Terutama karena halangan cara dan biaya yang tidak sedikit. Di Indonesia dapat ditemuka warung internet (warnet) yang berebaran disepanjang pinggiran jalan. Selain itu, banyak tempat-tempat umum lembaga pendidikan, café, mall, dan tempat-tempat rekreasi yang menawarkan jasa hotspot atau wifi untuk masyarakat yang memiliki laptop atau phonebook. Disamping itu, banyak tipe ponsel yang telah dilengkapi dengan aplikasi internet. Seiring dengan perkembangan pesat itu, banyak situs dan aplikasi pertemanan, promosi, milis, dan aplikasi-aplikasi lain. Diantaranya adalah Googletalk, AIM, Yahoo, Multiply, Live Messanger, mIRC, My Space, Friendster, dan Facebook. Sejak tahun 2007, facebook mengalami peningkatan penggunaan di Indonesia. Hingga sekarang Indonesia menjadi salah satu Negara dengan masyarakat pengguna facebook yang besar. Penggunaan facebook ternyata member banyak dampak positif dan negative, terutama jika digunakan secara berlebihan.

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A.    Mengganti foto facebook
    1. Masukan ke account facebook anda.
    2. Masuk ke profil anda lalu arahkan cursor mouse kea rah pojok kanan foto profil anda.
    3. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan foto profil anda.
    4. Jika anda ingin mengambil foto dari computer/ponsel maka pilih “unggah foto”
    5. Kemudian pilih foto atau gambar yang diinginkan menjadi profil facebook.
    6. B.     Membuat album foto
      1. Siapkan foto anda yang akan dibuatkan album.
      2. Buka facebook anda.
      3. Langsung klik ok

Akan muncul tampilan :

  1. Nama album
  2. Lokasi
  3. Keterangan
  4. Privasi
  5. Setelah itu buka tempat penyimpanan foto andaberi tanda V foto yang akan di unggah/upload. Setelah itu klik tombol “unggah” dan tunggu proses penguploadan.
  6. C.    Cara membuat grup di facebook
    1. Ketik www.facebook.com/groups/create.php
    2. Akan muncul tampilan
    3. Kemudian isi semua form yang tersedia
    4. Klik create group
    5. Selesai
    6. D.    Cara mengirim pesan di facebook
      1. Buka facebook, lalu login dengan email dan password anda.
      2. Setelah itu buka profil teman anda yang ingin di kirim pesan.
      3. Kemudian di bawah foto profil teman anda klik send nama teman (message)
      4. Kemudian akan terbuka sebuah eindow baru
        1. To
        2. Subject
        3. Message
  7. kemudian klik send

BAB III

PENUTUP

  1. A.    Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah dijelaskan pada bab II, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat sangat banyak dampak dari penyalahgunaan dan penyimpangan pemakaian situs petemanan facebook, baik secara sengaja atau tidak sengaja.

  1. B.     Saran

Sebagai anggota masyarakat dan pengguna situs-situs pertemanan facebook atau situs lainya, alangkah baiknya jika kita dapat menggunakanya secara berlebihan dan melihat fungsi utama facebook sebagai pelengkap pertemanan dan pergaulan primer di dunia nyata, sehingga kita tidak lebih sibuk mengurusi dan menghabiskan waktu yang seharusnya kita gunakan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara langsung dengan orang yang ada disekitar kita, bukan dengan orang yang baru saja akan kita temui di dunia maya.

Selain itu, kita juga harus menjaga norma-norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat dan Negara, sehingga kita dapat mempertanggungjawabkan setiap perilaku dan sikap kita di dunia maya.

Karena dengan penggunaan facebook dan situs jaringan pertemanan lainya dengan baik, benar dan bertanggung jawab, kita dapat menggunakan fasilitas-fasilitas umum itu dengan nyamann, tidak mengganggu kepentingan orang lain dan aman.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Sudiman.2007.teknologi informasi dan komunikasi.Jakarta:Depdiknas.

Syamsuardi.2004.teknologi informasi dan komunikasi.yudistira.

Perihal mtcdempet
wong dempet kecamatan dempet kabupaten demak jawatengah indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s