perangkat hardware

PENGERTIAN HARDWARE (PERANGKAT KERAS) KOMPUTER

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

  1. Input Device (unit masukan)
  2. Process Device (unit pemrosesan)
  3. Output Device (unit keluar)
  4. Backing Storage (unit penyimpanan)
  5. Periferal (unit tambahan)

 

  1. A.    Unit Masukan (Input Device)
  2. Keyboard

Papan ketik komputer merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.

 

  1. Mouse

Tetikus (bahasa Inggris: mouse) adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan tombol. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus

  1. Touchpad

Sebuah touchpad (atau trackpad) adalah perangkat penunjuk yang menampilkan sensor taktil, permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari-jari pengguna ke posisi relatif pada layar.

 

  1. Light Pen

Sebuah pena cahaya adalah input perangkat komputer dalam bentuk tongkat cahaya yang sensitif yang digunakan dalam hubungannya dengan komputer TV CRT atau monitor.

  1. Scanner

Pemindai (bahasa Inggris: scanner) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

 

  1. Headphone

Headphone adalah sepasang pengeras suara kecil, atau kurang umum seorang pembicara tunggal, diadakan dekat dengan telinga pengguna dan terhubung ke sumber sinyal seperti penguat audio, radio, CD player atau portable Media Player.

 

  1. B.     Process Device ( Unit Pemrosesan)
    1. Power Supply

Sebuah power supply adalah sebuah perangkat yang memasok energi listrik untuk satu atau lebih beban listrik. Istilah ini paling sering diterapkan ke perangkat yang mengkonversi salah satu bentuk energi listrik yang lain, meskipun mungkin juga merujuk ke perangkat yang mengkonversi energi bentuk lain (misalnya, mekanis, kimia, surya) menjadi energi listrik.

 

 

 

 

 

 

  1. RAM (Random Access Memory)

RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program.

  1. Kartu Grafis

Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer.

 

  1. Processor

Digital Signal Processor atau DSP adalah sejenis mikroprosesor yang didesain/dirancang khusus untuk pemrosesan isyarat digital (digital signal processing). Biasanya komponen elektronika digital ini dipakai untuk komputer yang memerlukan waktu tanggap (response time) yang cepat (untuk real-time applications).

 

  1. Motherboard

Papan induk (Inggris: motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.

Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

 

  1. C.    Output Device (Unit Keluaran)
    1. Monitor

Sebuah monitor atau layar (kadang-kadang disebut sebuah unit tampilan visual) adalah sebuah tampilan visual elektronik untuk komputer. Monitor terdiri dari perangkat tampilan, sirkuit, dan kandang. Perangkat tampilan di monitor modern biasanya film transistor liquid crystal display tipis (TFT-LCD) panel tipis,

 

 

 

  1. Printer

Pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Pencetak biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray).

 

  1. Speaker

Pengeras suara (bahasa Inggris: loud speaker atau speaker) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran.

 

  1. D.    Backing Storage (unit penyimpanan)

Harddisk

 

 

 

Sebuah hard disk drive (HDD, juga hard drive atau hard disk) [2] adalah non-volatile, akses digital acak perangkat penyimpanan data magnetik.

  1. E.     Peripheral (Unit Tambahan)
    1. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

 

  1. Kartu Suara

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer.

 

 

Perihal mtcdempet
wong dempet kecamatan dempet kabupaten demak jawatengah indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s