RPP matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

 

Disusun Oleh :

Nama            : Koko Satya Rahmadi

NIM               : 822096868

Kelas            : A

Kelompok : 2

POKJAR       : Dempet

 

UNIVERSITAS TERBUKA SEMARANG

2012

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : SD Negeri Harjowinangun I

Mata pelajaran          : Matematika

Kelas/semester           : IV (Empat) / 2 (dua)

Pertemuan ke            : I

Alokasi waktu            : 2 x 35 menit

KKM                          : 60

 

  1. A.    Standar Kompetensi

6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutanya

 

Indikator

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat :

  • Memahami arti pecahan
  • Menghitung pecahan sebagai operasi pembagian
  • Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan
  • Membandingkan dan mengurutkan pecahan

 

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian

(respect), tekun (diligence) dan tanggung jawab

(responbility)

 

  1. D.    Materi Ajar

Arti pecahan dan urutanya

  • Arti pecahan
  • Pecahan sebagai operasi pembagi

 

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • Deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
  • Ekspositori (menerangkan)
  • Tanya jawab
  • Latihan
  1. F.     Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan awal

Apresepsi

–          Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing untuk mengawali pelajaran.

Motivasi

–          Mengingat kembali konsep pecahan dan urutanya

–          Melakukan game yang berhubungan dengan pecahan dan urutanya dari bilangan.

  • Kegiatan inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru :

F Siswa dapat menjelaskan arti pecahan dan urutanya

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru :

F Menjelaskan arti pecahan yaitu bebrapa bagian dari keseluruhan dan mencontohkan mengerjakan soal latihan 1

 

 

 

F Menugaskan mengerjakan latihan

F Menjelaskan pecahan sebagai operasi pembagian. Menenkankan pada istilah pembilang yaitu bilangan yang dibagi dan penyebut sebagai bilangan pembagi

F Menjelaskan garis bilangan dan letak pecahan pada buku hlm. 28

F Menjelaskan perbandingan pecahan yang satu dengan yang lain serta mengurutkan bebrapa pecahan mulai dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya.

 

F Tanya jawab

 

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru :

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

 

 

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru :

F Memberikan latihan soal

F Membrikan soal Pekerjaan Rumah

F Menutup pelajaran

  1. G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika Penenkanan pada berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4
  • Matematika SD untuk kelas IV 4B
  1. H.    Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

Instrumen/Soal

  • Mengenal arti pecahan
  • Menghitung pecahan sebagai operasi pembagian
  • Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan
  • Membandingkan dan mengurutkan pecahan

Tugas Individu

Laporan buku pekerjaan rumah

  • Jalskan pecahan yaitu …….
  • Jelaskan pecahan – pecahan sebagai operasi pembagian
  • Tuliskan letak pecahan pada garis bilangan
  • Jelaskan perbandingan dan mengurutkan pecahan

 

Format Kriteria Penilaian

PRODUK (HASIL DISKUSI)

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

PERFORMANSI

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

2.

Pengetahuan

 

 

Sikap

* pengetahuan

* kadang-kadang pengetahuan

* tidak pengetahuan

* sikap

* kadang-kadang sikap

* tidak sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                                …….., ………… 20 …

      Mengetahui

      Kepala Sekolah                                                                Guru Kelas

 

 

 

      MARKHABAN, A. Ma                                                  KOKO SATYA RAHMADI

      NIP : 19541231 197912 1 008                                         NIM : 822096868


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah        : SD Negeri Harjowinangun 1

Mata Pelajaran       : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                        : IV (Empat)

Semester                  : 2 (Dua)

Pertemuan              : I

Alokasi Waktu        : 2 x 35 menit (1 pertemuan)

KKM                       : 65

 

Standar Kompetensi

      2. Memahami system pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi

 

Kompetensi Dasar

      2.2 Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota dan provinsi.

 

Indikator

  1. A.    Tujuan Pembelajaran
  • Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota.
  • Memahami gambar struktur pemerintahan provinsi.

 

Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat

dan perhatian (respect), Tekun (diligence), tanggung jawab (responbility), berani (courage) integritas (integrity), peduli (caring), jujur (fairnes) dan kewarganegaraan (citizenship)

 

  1. B.     Materi Ajar
  • Struktur pemerintah kabupaten/kota
  • Struktur pemerintah provinsi di Indonesia
  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  • Pendekatan kontekstual
  • Pendekatan Cooperative Learning
  • Diskusi dengan teman sebangku
  • Penugasan

 

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan
  • Kegiatan Awal

Apersepsi :

–    Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing untuk mengawali pelajaran.

Motivasi :

–    Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.

–    Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk menyebutkan struktur organisasi / pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.

 

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

      Dalam kegiatan eksplorasi, guru :

F Semua siswa diminta untuk mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi

F Bertanya jawab tentang bagaimana hubunganya dengan perangkat-perangkatnya.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru :

F Membiasakan peserta diik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.

F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.

F Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.

F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif

F Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.

F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.

F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok

F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival serta produk yang dihasilkan.

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru :

F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.

F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.

F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

F Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :

  • Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
  • Membantu menyelesaikan masalah.
  • Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
  • Member informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
  • Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru :

F Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.

F Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisiten dan terprogram.

F Memberkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

F Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

F Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

  1. E.     Sumber/Bahan Belajar
  • Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan CV. Ar-Rahman Surakarta)
  • Orang tua
  • Teman
  • Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst

 

 

  1. A.    Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrument

Instrumen/Soal

  • Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi

Tugas

individu

  • Penilaian lisan
  • Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapatan)
    • Gambarkan struktur pemerintahan kabupaten/kota
    • Gambarkan struktur pemerintahan provinsi
    •  
 

 

Format Kriteria Penilaian

PRODUK (HASIL DISKUSI)

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

PERFORMANSI

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

2.

Pengetahuan

 

 

Sikap

* pengetahuan

* kadang-kadang pengetahuan

* tidak pengetahuan

* sikap

* kadang-kadang sikap

* tidak sikap

4

2

1

4

2

1

 


 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                                …….., ………… 20 …

      Mengetahui

      Kepala Sekolah                                                                Guru Kelas

 

 

 

      MARKHABAN, A. Ma                                                  KOKO SATYA RAHMADI

      NIP : 19541231 197912 1 008                                         NIM : 822096868

 

Tentang mtcdempet
wong dempet kecamatan dempet kabupaten demak jawatengah indonesia

Tinggalkan komentar